Ahrefs, Blog

Apa itu Keyword Difficulty Ahrefs?

Keyword Difficulty Ahrefs

Keyword Difficulty (KD) adalah salah satu metrik yg ada di ahrefs. Metrik ini sepertinya sedikit membuat banyak orang merasa bingung terkait apa sebenarnya fungsi dari Keyword Dificulty Ahrefs ini. Oleh karena itu, mari kita bahas secara detail dalam sharing kita kali ini!

Apa itu Keyword Difficulty Ahrefs?

Disaat ini melakukan riset keyword menggunakan tools ahrefs, tentunya kita akan menemukan informasi terkait nilai Keyword Dificulty (KD) dari sebuah Kata Kunci / Keyword. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat sekalian lihat gambar dibawah ini!

Pada gambar diatas, terlihat jelas bahwa setiap Kata Kunci / Keyword memiliki nilai yg berbeda-beda. Ada yg nilainya dibawah 10, ada juga yg sampai diatas 50.

Sebagian orang mungkin ada yg bertanya :

“Apa sebenarnya fungsi dari Keyword Dificulty ini? Kemudian, apakah nilai KD ini sangat penting untuk kita perhatikan??”

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan sobat sekalian baca terus artikel ini sampai selesai ya:-)

Fungsi Keyword Dificulty pada Metrik Ahrefs

Sebelum kita memutuskan untuk memilih sebuah Kata Kunci / Keyword untuk pembuatan konten di website / blog, terlebih dahulu kita harus memperhatikan nilai KD di setiap keyword yg ingin kita pilih.

Kenapa demikian? karena nilai KD ini bisa menjadi salah satu faktor penentu kita dalam mendapatkan Ranking website di google.

Semakian tinggi nilai KD pada sebuah Keyword, maka semakin sulit juga tingkat persaingan keyword tersebut di mesin pencari google.

Untuk lebih jelasnya mengenai seberapa besar tingkat kesulitan keyword berdasarkan nilai KD (Keyword Dificulty), silahkan sobat sekalian lihat gambar dibawah ini!

Apa itu Keyword Difficulty Ahrefs
Scale Keyword Difficulty Ahrefs

Dari skala keyword dificulty diatas, terlihat jelas mengenai Kriteria Keyword / Kata Kunci yang Easy (mudah) adalah Keyword yg memiliki nilai KD antara 0-10.

Oleh karena itu, untuk sobat sekalian yg saat ini sedang membangun website / blog baru, sangat rekomend untuk mengambil Keyword yg Easy terlebih dahulu, baru kemudian bertahap masuk ke Keyword yg Medium.

Apakah Keyword Difficulty Ahrefs Sangat Penting Untuk SEO?

Ya, sebagaimana yg telah saya jelaskan diatas bahwa KD ini merupakan salah satu Faktor penentu bisa cepat atau tidaknya website kita mendapatkan Ranking.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah Keyword yg punya nilai KD besar bisa mudah kita ranking. Mudah disini bukan berarti sangat mudah, melainkan ada kemungkinan untuk bisa kita ranking.

“Maksudnya gimana min? …’

KD (Keyword Dificulty) yg ada di ahrefs, bukan satu-satunya faktor penentu tingkat kesulitan sebuah kata kunci / keyword. Masih ada faktor yg lebih penting untuk kita perhatikan yaitu Backlink.

Bisa jadi, Keyword yg punya nilai KD besar, ketika kita cek di google ternyata saingan kita masih ada yg backlink nya sedikit atau bahkan tidak ada bakclink sama sekali.

So, apabila kita menemukan kata kunci yg seperti itu, sangat rekomend untuk kalian ambil.

Kalau begitu, nilai KD ini tidak perlu kita perhatikan? Ya tidak gitu juga, justru nilai KD ini bisa menjadi acuan pertama kita sebelum kita memutuskan untuk mengecek kualitas website yg menjadi saingan kita.

Kesimpulan

Disaat kita melakukan Riset Keyword menggunakan tools ahrefs, salah satu Faktor yg harus kita perhatikan adalah nilai KD (Keyword Dificulty) dari setiap Kata Kunci / Keyword. Silahkan pilih Keyword Easy terlebih dahulu, baru kita lakukan pengecekan terhadap kualitas website yg menjadi saingan kita.

Baiklah, demikian sharing kita kali ini tentang Apa itu Keyword Difficulty Ahrefs. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya ya! Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *